SpaceX ingin Luncurkan 4.000 Satelit, Untuk Apa Ya?

PESANTREN RUANG ANGKASA -- Raksasa-raksasa teknologi Silicon Valley sibuk mencari cara untuk menyebarkan cakupan jaringan internet. Selain Facebook dan Google, perusahaan antariksa SpaceX yang didirikan miliarder Elon Musk juga melakukan hal serupa.

Metodenya bukan dengan memakai drone atau balon udara, tapi satelit sejumlah 4.425 buah yang mengorbit di luar angkasa dalam sebuah jaringan raksasa, untuk memancarkan gelombang internet broadband yang mencakup seantero planet Bumi.

“Jaringan satelit ini dirancang untuk memberikan aneka layanan broadband dan komunikasi untuk keperluan komersil, perumahan, institusi, pemerintahan, dan profesional di seluruh dunia,” sebut Space X.

Angka tersebut lebih banyak dari jumlah satelit aktif yang sekarang mengorbit Bumi, sebanyak 1.419 buah, menurut catatan Union of Concerned Scientiest. Sekitar 2.600 satelit lainnya yang sudah tidak terpakai masih melayang-layang di orbit sebagai sampah antariksa.

SpaceX baru saja mengajukan izin untuk meluncurkan .4.425 satelit internet itu ke Federal Communications Commission (FCC) di Amerika Serikat pekan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Minggu (20/11/2016).



More

Share on Google Plus

About marbun

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar