Ketika Ilmuwan Dunia Bahas Fikih Antariksa di Jakarta

PESANTREN RUANG ANGKASA -- Demikian disampaikan Lukman saat membuka Seminar Internasional Fikih Falak di Hotel Arya Duta, Jakarta, Rabu (29 /11), dengan tema "Peluang dan Tantangan Implementasi Kalender Global Hijriah Tunggal".

Lukman menjelaskan, dalam aplikasi sistem kalender yang berkembang di negara-negara Islam, maupun negara mayoritas muslim seperti di Indonesia sangatlah beragam. Setiap wilayah memiliki kriteria sistem peninggalannya masing-masing.

"Padahal ada satu hal yang harus kita hadapi dan tidak bisa kita hindari, yakni adanya globalisasi," kata Lukman.

Menurutnya, dahulu setiap wilayah memulai puasanya dengan menggunakan metode yang dipakai pada wilayah tersendiri tanpa mengetahui bagaimana wilayah tetangga mulai berpuasa. Namun zaman sekarang, di mana arus informasi telah sangat canggih melalui teknologi telah memberi ruang untuk mengetahui apa yang terjadi pada wilayah lain.

"Zaman sekarang, orang di Indonesia, orang yang ada di Jepang, Maroko telah sangat mudah mengetahui kegiatan orang yang sedang berhaji di Mekah. Bahkan kapan melaksanakan wukuf di Padang Arafah," terang pria yang juga putra Menteri Agama ke-9 KH Saifuddin Zuhri ini.

Oleh karena itu, katanya, sangat memungkinkan sekali pada zaman sekarang untuk mengetahui bahwa jika di Indonesia hilal sudah terlihat, sedangkan di negara lain belum terlihat.

Pria kelahiran Jakarta ini menegaskan, globalisasi menuntut kita untuk cerdas dan cermat dalam menyelesaikan permasalahan tahunan yang tak kunjung menemukan solusi ini.

Pengembangan ilmu seharusnya sudah dapat memberikan solusi terciptanya kalender hijriah yang mapan, yang tidak hanya untuk kepentingan ibadah saja, namun untuk keperluan sipil lainnya, baik untuk mobilitas ekonomi, politik maupun bidang lainnya.

"Saat ini adalah waktu yang tepat bagi umat Islam Indonesia untuk menyatukan langkah dan membangun visi bersama, strategi, dan tahapan untuk mewujudkan kalender Islam yang mapan dan diterima semua pihak," jelas Lukman.  (sumber)



Share on Google Plus

About marbun

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar